Home / Kearsipan / 18 Mei Hari Kearsipan Nasional dengan tema “Arsip Autentik Untuk Indonesia”

18 Mei Hari Kearsipan Nasional dengan tema “Arsip Autentik Untuk Indonesia”

Contoh desain spanduk HKN-49
  • Berdasarkan Surat Edaran Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Peringatan Hari Kearsipan Ke-49.
  • Surat Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar Nomor 045/ 0434/Dispersip, tanggal 15 Mei 2020. Hal tentang Himbauan Publikasi Hari Kearsipan Nasional.
  • Guna meningkatkan peran aktif publik dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan sebagaimana tertuang dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dalam rangka mendukung pemerintahan yang akuntabel dan transparan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negara.

Isi Edaran
a. Mengajak organisasi kearsipan yang terdiri dari Unit Kearsipan pada pencipta arsip di lingkungan Kementerian, Lembaga Negara, dan BUMN/BUMD, Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi, Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota, serta Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia untuk:
1) ikut serta dalam perayaan peringatan Hari Kearsipan secara tertib, khidmat dan sederhana yang mencerminkan nilai-nilai kearsipan di lingkungan instansi masing-masing dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah; dan
2) menggunakan logo dan tema hari kearsipan dalam bahan publikasi baik tercetak maupun digital.
b. Tema hari kearsipan yang ke-49 adalah: ‘ARSIP AUTENTIK UNTUK INDONESIA’.
c. Logo peringatan hari kearsipan yang ke-49 adalah sebagai berikut

Logo dapat diunduh melalui laman situs resmi www.anri.go.id dan media sosial Arsip Nasional Republik Indonesia.

https://anri.go.id/download/logo-resmi-hari-kearsipan-ke49-hkn9-1589634537

d. Pokok-pokok kegiatan Hari Kearsipan dilaksanakan sebagai berikut:
1) Penyebaran Informasi Peringatan Hari Kearsipan ke-49 Tahun 2020 pada hari Senin, 18 Mei 2020 pukul 07.00 waktu setempat secara serentak melalui unggah bahan visual pada laman media sosial organisasi kearsipan maupun pribadi komunitas kearsipan di lingkungan Pemerintah Republik Indonesia. Bahan visual dapat diunduh melalui laman laman situs resmi www.anri.go.id dan media sosial ANRI pada tanggal 17 Mei 2020;

2) Publikasi dan Dokumentasi.
Kegiatan Koordinasi, Publikasi dan Dokumentasi didasarkan pada Tema dan Slogan Hari Kearsipan ke-49 Tahun 2020 dalam bentuk:
a) baliho, spanduk dan/atau banner; dan
b) media sosial dan laman resmi instansi.

Ucapan Hari Kearsipan oleh Sekda Kabupaten Banjar
Ucapan Hari Kearsipan oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Banjar

Tentang dpkbanjar_team